Sah! Tuntutan 7 Triliun Rupiah Dipenuhi pada Kasus Pelecehan Seksual yang Dilakukan Dokter Tim Senam Amerika Serikat

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 17 Mei 2018 | 05:27 WIB
Mantan dokter tim nasional senam Amerika Serikat (AS), Larry Nassar, saat menjalani persidangan di 55th District Court, Mason, Michigan, pada 23 Juni 2017, terkait skandal pelecehan seksual tingkat pertama yang dilakukannya atas para atlet senam AS. (JEFF KOWALSKY/AFP PHOTO)

Universitas Michigan akhirnya bertanggung jawab atas aksi pelecehan seksual besar-besaran yang dilakukan Dokter Larry Nassar terhadap ratusan atlet senam.

Seperti diberitakan BolaSport.com sebelumnya, Larry Nassar sempat mengguncang dunia olahraga, khususnya cabang senam karena aksi bejat yang dilakukannya.

Nassar yang bertugas sebagai dokter tim senam, menyalahgunakan kewenangannya sebagai dokter tim hingga tersangkut kasus pelecehan seksual yang mengerikan.

Tidak hanya terhadap atlet dari universitas tersebut, Nassar juga melakukan tindakan terpuji ketika bertugas sebagai dokter tim nasional senam Amerika Serikat (AS).

Universitas Michigan yang sempat mempekerjakan Nassar harus mengeluarkan uang senilai 500 juta dollar AS atau 7 triliun rupiah untuk membayar tuntutan para korban.

(Baca Juga: Gara-Gara Pelecehan Seksual oleh Dokter, Seluruh Anggota Dewan Senam Amerika Mundur)

Bukan tanpa alasan institusi pendidikan tersebut ikut bertanggung jawab atas ulah yang diperbuat oleh mantan pegawainya tersebut.

Pasalnya, sebagian korban merasa marah dan kecewa dengan sikap tidak acuh yang ditunjukkan Universitas Michigan terhadap keluhan mereka atas tindakan Nassar.

Seperti dikutip BolaSport.com dari BBC, kesepakatan tersebut diumumkan oleh firma hukum yang mewakili 332 korban Nassar pada Rabu (16/5/2017).

Kesepakatan itu tidak meliputi kesepakatan rahasia antara kedua belak pihak serta tuntutan terhadap organisasi lain yang juga tersangkut kasus Nassar.