Cabang Olahraga Unggulan Indonesia Tetap Dipertandingkan pada SEA Games Filipina 2019

By Delia Mustikasari - Kamis, 17 Mei 2018 | 13:33 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, berpose dengan medali emas yang didapat setelah memenangi laga final SEA Games 2017 bersama peraih medali perunggu Ihsan Maulana Mustofa (Indoensia). Jonatan menang atas Khosit Phetradab (Thailand), 21-19, 21-10 pada partai final yang berlangsung di Axiata Arena, Bukit Jalil, Selasa (29/8/2017). ( FERI SETIAWAN/BOLASPORTCOM )

Indonesia berhasil mempertahankan cabang olahraga unggulan dipertandingkan pada SEA Games Filipina 2019.

Hal tersebut dipastikan dalam South East Asian Games Federation di Hotel Shangrilla Manila pada 15-16 Mei 2018 dalam siaran pers yang diterima BolaSport.com.

Pada pertemuan tersebut dibahas mengenai perubahan SEA Games charter, terutama untuk hal-hal mengenai tata cara memasukkan cabang olahraga baru di SEA Games dan pembentukan komite tambahan untuk memperkuat SEA Games Federation di masa mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Filipina sebagai tuan rumah 2019 mengajukan 30 cabang olahraga yang akan di pertandingkan.

Indonesia yang diwakili oleh Erick Thohir sebagai Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengajukan keberatan atas usulan awal karena banyak cabang olahraga andalan Indonesia yang tidak masuk dalam daftar, diantaranya tidak adanya bulu tangkis dan pencak silat.

Keberatan Erick Thohir didukung oleh mayoritas anggota Federasi SEA Games dan akhirnya diterima oleh tuan rumah Filipina.

(Baca juga: Hendra Setiawan dan Greysia Polii Berbagi Kiat untuk Solidkan Tim Thomas-Uber Indonesia)

Filipina membuka kembali usulan cabang-cabang olahraga yang perlu ditambahkan.

Surat resmi dari seluruh negara akan diterima paling lambat pada 13 Juni 2018 dan penentuan final cabang olahraga akan dilakukan pertengahan November 2018.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas rencana persentasi persiapan panitia SEA Games 2019 yang akan diadakan pada 30 November hingga 10 Desember 2019