Piala Thomas 2018 - Jadi Kapten, Lee Chong Wei Punya Cara Unik Satukan Pemain Malaysia yang Masih Diselimuti Ragu

By Susi Lestari - Senin, 21 Mei 2018 | 18:57 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, pada partai perempat final Commonwealth Games 2018 melawan Kanada di Carrara Sports Arena, Gold Coast, Australia, Sabtu (7/4/2018). (WILLIAM WEST/AFP PHOTO)

Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, memiliki cara unik untuk membakar semangat timnya.

Pemberian motivasi dilakukan Lee sebagai kapten tim Malaysia menjelang pertandingan di fase gugur melawan Rusia.

Pemain berusia 35 tahun itu mengatakan, sesi motivasi memberikan ruang kepada pemain lainnya untuk mengutarakan isi hati (curhat).

"Setelah makan malam, semua pemain bertemu, hanya untuk membicarakan hal-hal dan perasaan kami menjelang laga perdana," kata Lee dilansir BolaSport.com dari NST.

(Baca Juga: Kehadiran 4 Pemain Ini Bikin China Dihindari Negara-negara Lain pada Piala Thomas-Uber 2018)

"Di turnamen ini, beberapa pemain sudah sangat bersemangat, sementara yang lainnya masih mencoba untuk mendapatkan atmosfer bermain," ujar Lee.

Peraih medali emas Commonwealth Games 2018 itu menceritakan pemain harus tetap percaya diri sepanjang turnamen.

Mereka diminta untuk mengingat bagaimana kerasnya pelatihan sebelum akhirnya tampil di Piala Thomas 2018 yang digelar sampai 27 Mei 2018.

"Kami yang tahu betapa sulitnya kami berlatih dalam beberapa bulan terakhir ini, jadi saya menyarankan para pemain untuk tidak menunggu sampai menit terakhir jika mereka membutuhkan sesuatu," kata Lee.

"Misalnya saat pemain membutuhkan pijat. Di ruang pelatihan, pemain berlatih sangat keras hingga mengeluh sakit badan. Pasan saya kepada mereka adalah pergi untuk mendapatkan pijat lebih awal," ucapnya.