Piala Uber 2018 - Kemenangan Dramatis atas China Menjadi Awal Kebangkitan Bulu Tangkis Thailand

By Any Hidayati - Sabtu, 26 Mei 2018 | 08:10 WIB
Busanan Ongbamrungphan (tengah) dikelilingi Rexy Mainaky dan rekan-rekannya usai memastikan Thailand menang 3-2 atas China di semifinal Piala Uber 2018. Jumat (25/5/2018) di Impact Arena, Bangkok. (BWF BADMINTON)

Nama Busanan Ongbamrungphan mendadak menjadi sorotan usai sukses menjadi pahlawan Thailand pada partai semifinal Piala Uber 2018, Jumat (25/5/2018).

Ongbamrungphan yang tampil pada partai kelima sukses menang 21-11, 21-9 atas wakil terakhir China, Li Xuerui, dan memastikan Thailand melaju ke final dengan kemenangan 3-2.

"Mimpi saya menjadi kenyataan. Saya merasa sangat bangga. Kami semua tahu jika China bukanlah lawan yang mudah," ujar Ongbamrungphan seperti dikutip BolaSport.com dari BWF Badminton.

Sebelum tampil di partai terakhir Busanan Ongbamrungphan mengaku telah terpacu untuk tampil all out usai melihat perjuangan rekan-rekannya di lapangan.

Apalagi sang pelatih, Rexy Mainaky, menyuntikkan semangat untuk tidak minder melawan nama besar Li Xuerui selama ini.


Tunggal putri Thailand, Busanan Ongbamrungphan(bwfbadminton.com)

"Saya cuma bilang ke dia (Ongbamrungpham), Li Xuerui sudah lama enggak merasakan feeling pertandingan besar. Jadi, dia harus fokus pada setiap poin," ucap Rexy seperti telah diberitakan BolaSport.com.

Akhirnya, Busanan Ongbamrungphan sukses menjawab kepercayaan yang dibebankan ke pundaknya dengan mempersembahkan kemenangan.

"Saya tidak pernah mengira jika mengalahkan Li Xuerui adalah hal yang mudah. Saya mengikuti setiap pertandingannya. Mengalahkan dia di partai penentuan adalah impian yang jadi kenyataan," lanjut Ongbamrungphan.

(Baca Juga: Piala Uber 2018 - Rexy Mainaky Puji Kekompakan Tim Bulu Tangkis Putri Thailand)