Pengorbanan Mads Pieler Kolding di Balik 2 Poin Denmark di Semifinal Piala Thomas 2018

By Any Hidayati - Rabu, 30 Mei 2018 | 03:57 WIB
Pasangan ganda putra Denmark, Mads Conrad-Petersen (belakang)/Mads Pieler Kolding, mengembalikan kok dari lawan mereka, Marcus Fernaldi Gideon and Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indonesia) pada laga babak semifinal turnamen All England Terbuka 2018 di Arena Birmingham, Birmingham, Inggris, Sabtu (17/3/2018). (PAUL ELLIS/AFP PHOTO)

Ada fakta tersembunyi di balik perjuangan Denmark mempertahankan gelar Piala Thomas yang berakhir dengan kekalahan di semifinal edisi 2018.

Denmark, yang sejak awal kehilangan salah satu pilar ganda putra yaitu Carsten Mogensen, melakukan hal berani saat tampil di semifinal melawan Jepang pada Jumat (25/5/2018).

Direktur Asosiasi Bulu Tangkis Denmark, Jens Meiborn, mengungkapkan fakta mengejutkan di balik keputusan pelatih Denmark merombak susunan ganda putra.

"Para pelatih memiliki keberanian untuk memasangkan Conrad dengan Boe, yang saya rasa sebagai sebuah taktik yang juga memberikan bonus," ujar Meiborn seperti dikutip BolaSport.com dari Badminton Denmark.

Kehilangan Mogensen membuat ganda putra utama Denmark tinggal menyisakan Mathias Boe.


Pasangan ganda putra Denmark, Mathias Boe (depan)/Carsten Mogensen, saat menjalani pertandingan melawan Nipitphon Phouangphet/Bodin Isara (Thailand) pada babak final Prancis Terbuka di Stadion Pierre de Coubertin, Paris, Minggu (30/10/2016).(MIGUEL MEDINA/AFP PHOTO)

Demi menghadapi Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang), Boe berpasangan dengan Mads Conrad-Petersen, yang biasanya berpasangan dengan Mads Pieler Kolding.

"Kami tahu jika Mads Kolding sangat ingin bermain di semifinal, tetapi di sini dia sangat mendukung keputusan tersebut dan menyokong tim sepanjang pertandingan," kata Meiborn mengungkapkan kondisi di balik keputusan perombakan ganda putra.

Kehilangan pasangan duet membuat Kolding hanya duduk di bangku penonton sambil mendukung rekannya di lapangan.

Meski hanya sebagai penonton, Mads Pieler Kolding berperan dalam memberikan suntikan semangat bagi Boe dkk.