Kisah Muhammad Ali Diangkat Jadi Sebuah Buku yang Unik

By Susi Lestari - Kamis, 31 Mei 2018 | 10:38 WIB
Legenda tinju dunia, Muhammad Ali, semasa hidupnya.Ali meninggal dunia pada 3 Juni 2016 di usia yang ke-74 tahun. (NBC News)

Kisah petinju legendaris dari Amerika Serikat, Muhammad Ali, diangkat menjadi sebuah buku.

Ali merupakan petinju yang dikenal luas sebagai salah satu tokoh olahraga paling berpengaruh di abad ke-20.

Kini, para penikmat tinju bisa mengenal kisah tentang Ali lewat sebuah buku Berjudul "Muhammad Ali: By the Numbers" setebal 359 halaman yang diterbitkan oleh CompuBox Inc.

Buku ini ditulis oleh Presiden CompuBox, Bob Canobbio, dan seorang penulis serta peneliti bernama Lee Groves.

(Baca Juga:Terbongkar, Ini Rahasia Jepang Bisa Raih Kesuksesan pada Piala Thomas dan Uber 2018 )

Novel Muhammad Ali: By the Numbers membahas tentang seluk-beluk kehidupan tinju Ali yang belum pernah diteliti sebelumnya, seperti pukulan yang dilesatkan Ali secara lengkap hingga cuplikan-cuplikan karier Ali di tinju.

Cuplikan Karier petinju yang meninggal dunia pada usia 74 tahun itu dibagi menjadi empat fase, yakni The Young Clay, Perdana Ali, Comebacking Ali, dan Past Prime Ali.

Buku ini menawarkan pula lebih dari stastistik mentah atas pukulan-pukulan yang pernah dilesatkan oleh Ali sepanjang pertarungan profesional di atas ring.

Setiap statistik pertarungan digambarkan dengan detail oleh Groves, sementara Canobbio memberikan ilustrasi tingkat tinggi.

"Ini adalah kehormatan luar biasa bagi CompuBox untuk memiliki statistik terkait pertarungan dari petinju yang paling terkenal sepanjang masa, Muhammad Ali," kata Canobbio dilansir BolaSport.com dari Boxingscene.