Jadi Kepala Staf Kepelatihan yang Baru, Pria Ini Ingin Kurangi Jumlah Pemain di Pelatnas Malaysia

By Delia Mustikasari - Jumat, 8 Juni 2018 | 13:16 WIB
Datuk Ng Chin Chai menjadi kepala staf kepelatihan (Coaching & Training) Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) baru. (THE STAR)

Datuk Ng Chin Chai dipercaya menjadi kepala staf kepelatihan (Coaching & Training) Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) yang baru.

Jabatan tersebut dia emban karena kepala staf kepelatihan yang lama, Datuk Seri Norza Zakaria memutuskan mundur pada Kamis (7/6/2018).

Keputusan itu diambil menyusul kegagalan skuat Malaysia pada Piala Thomas dan Uber 2018 yang digelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand, pada 20-27 Mei lalu.

Setelah resmi menjabat, Ng berkeinginan mengurangi jumlah pemain yang berada di pelatnas. Saat ini, tercatat ada 73 pemain di pelatnas.

Ng berencana mengurangi pemain yang tidak menunjukkan perkembangan prestasi, misalnya Soo Teck Zhi, Soong Joo Ven (23), Chong Yee Han (23), Lim Chi Wing (23), Chooi Kah Ming (27) ), dan Low Juan Shen (24).

BAM hanya ingin mempertahankan dua tunggal teratas dan dua ganda teratas dari masing-masing sektor. 

(Baca juga: Malaysia Tak Turunkan Tim Bulu Tangkis Beregu Putri pada Asian Games 2018)

Nantinya hanya ada Lee Chong Wei dan Iskandar Zulkarnain Zainuddin yang menjadi tunggal putra elite.

Sementara itu, pasangan Goh V Shem/Tan Wee Kiong dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi masuk kategori ganda putra elite.

Adapun pemain pelapis merupakan pemain yang berusia 21 tahun ke bawah dan mereka dianggap memiliki prospek masa depan yang baik.