Punya Tangan Dingin, Legenda Bulu Tangkis India Ini Banjir Tawaran Melatih

By Susi Lestari - Senin, 11 Juni 2018 | 14:37 WIB
Pullela Gopichand, Pelatih Kepala Bulu Tangkis India (indianexpress.com)

Legenda bulu tangkis asal India, Pullela Gopichand, baru saja menandatangai nota kesepahaman alias Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Negera Bagian Odisha, India.

MoU yang ditandatangani antara Departemen Olahraga dan Pemuda Odisha dan Pullela Gopichand Badminton Foundation dibuat dengan tujuan untuk memelihara dan membimbing bakat pemain bulu tangkis di negara bagian.

"Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk bekerja sama dengan Pemerintah Negara Bagian Odisha dan selaras dengan visi mereka untuk terus menghasilkan bakat kelas dunia," kata Gopichand yang dilansir BolaSport.com dari Firstpost.

(Baca Juga: Lucas Matthysse Berjanji Tidak Akan Biarkan Manny Pacquiao Beristirahat dengan Tenang)

Dipilihnya Pullela Gopichand sebagai pelatih di Negara Bagian Odisha karena pria berusia 44 tahun itu telah terbukti memiliki tangan dingin.

Dua pemain tunggal putri yang dibimbingnya, Saina Nehwal dan Pusarla Venkata Sindhu sukses menjadi pebulu tangkis top dunia.

"Olahraga bulu tangkis di India telah mencapai masa kejayaan baru dengan pemain top seperti Saina Nehwal dan Pusarla Venkata Sindhu berhasil memenangkan kompetisi bergengsi secara berkala," ujar Gopichand.

"Akademi di Odisha akan membantu dalam menjaga momentum ini dan kami berharap untuk bisa menemukan bakat besar dari akar rumput hingga tingkat internasional," kata juara All England Open 2001 itu.

(Baca Juga: Manny Pacquiao Ingin Nostalgia Saat Bertarung Melawan Lucas Matthysse)

Sementara itu, Ketua Menteri Negara Bagian Odisha, Naveen Patnaik, mengatakan ada alasan mengapa olahraga bulu tangkis dipilih.