Mimpi Kidambi Srikanth sebagai Pebulu Tangkis Tetap Didukung meski Sang Ayah Pemain Kriket

By Delia Mustikasari - Rabu, 13 Juni 2018 | 20:33 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra India, Kidambi Srikanth, mengembalikan kok ke arah Lee Chong Wei (Malaysia) pada final perorangan Commonwealth Games 2018 di Carrara Sports Indoor Stadium, Minggu (15/4/2018). (SAEED KHAN/AFP PHOTO)

Pebulu tangkis tunggal putra India, Kidambi Srikanth, harus berjuang keras sebelum mewujudkan impian sebagai pemain elite dunia.

Kidambi mulai mengenal bulu tangkis pada 2001. Saat itu, dia suka bermain di stadion kota dekat rumah saudaranya yang sudah lebih dulu mengenal olahraga tepok bulu ini.

"Saat itu, bulu tangkis lebih cenderung sebagai hobi bagi saya," kata Kidambi seperti dilansir BolaSport.com dari Sportskeeda.

Selain merasa tertarik, keinginan pemain kelahiran Guntur, India, 7 Februari 1993 ini juga mendapat dukungan orangtua meskipun sang Ayah adalah seorang pemain kriket.

"Ayah saya sangat mendukung minat saya dan saudara laki-laki saya. Jika bukan karena dukungan orangtua, kami berdua tidak akan bermain bulu tangkis," aku Kidambi.

Kidambi mulai serius belajar bulu tangkis dan bergabung dengan Akademi Bulu Tangkis milik Pullela Gopichand pada 2009. Gopichand merupakan mantan tunggal putra nasional India.

"Awalnya, saya bergabung sebagai pemain ganda, tetapi akhirnya menjadi pemain tunggal," ucap pemain yang saat ini menduduki peringkat keempat dunia itu.

"Saya bukan pemain spesialis ganda. Pada hari-hari pertama, saya bermain di tiga sektor sekaligus yakni tunggal, ganda putra, dan ganda campuran," ujar Kidambi.

Setelah melalui masa-masa sebagai pemain junior, Gopichand memfokuskan Kidambi di sektor tunggal.