Korea Selatan Dikabarkan Undang Sang Tetangga demi Turnamen Olahraga Tahunan 2018

By Any Hidayati - Minggu, 17 Juni 2018 | 22:21 WIB
Bendera Korea Selatan (kiri) dan Korea Utara (kanan). ( mirajnews.com )

Korea Utara dan Selatan dikabarkan akan kembali berada dalam satu panggung turnamen olahraga.

Setelah Olimpiade Pyeongchang 2018, kini giliran turnamen nasional Korea Selatan yang akan menjadi saksi pertemuan dua negara bertetangga ini.

Negeri yang dipimpin oleh Kim Jong-un ini diundang untuk berpartisipasi dalam turnamen tahunan Korea Selatan bertajuk 99th National Sports Festival.

Turnamen multi-olahraga di Negeri Gingseng ini akan berlangsung di Iksan, North Jeolla, Korea Selatan pada Oktober mendatang.

Beberapa bulan jelang turnamen berlangsung pihak Korea Selatan telah mengirim undangan ke Korea Utara untuk mengirimkan kontingen mereka.


Atlet asal Korea Selatan dan Korea Utara berada dalam satu defile pada saat upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 yang digelar Jumat (9/2/2018). (instagram.com/pyeongchang2018 )

Kontingen Korea Utara yang diharapkan berpartisipasi adalah untuk cabang bulu tangkis, tenis meja, sepak bola, basket, dan bola voli lengkap dengan para pemandu soraknya.

Langkah ini semakin menunjukkan bahwa Korea Utara dan Selatan kini tengah melakukan rekonsiliasi di berbagai bidang mulai dari politik hingga olahraga.

(Baca Juga: Akur! Korea Selatan dan Utara Hebohkan Kejuaraan Dunia Tenis Meja di Bawah Bendera Unifikasi)

Pada bidang olahraga setidaknya di awal tahun 2018 sudah dua kali Korea Utara-Selatan bersatu dan sukses menggegerkan dunia.