Undang Kontingen Korea Utara, Korea Selatan Punya Misi Khusus Jelang Asian Games 2018

By Any Hidayati - Senin, 18 Juni 2018 | 06:21 WIB
Logo Asian Games 2018. ( Inasgoc )

Korea Selatan yang dikabarkan mengundang kontingen bulu tangkis Korea Utara di festival olahraga tahunan ternyata memiliki misi khusus jelang Asian Games 2018.

Undangan ini menjadi salah satu agenda negara Semenanjung Korea ini untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan sang tetangga.

Selain kontingen bulu tangkis, Korea Selatan juga mengundang tim tenis meja, sepak bola, basket, dan voli Korea Utara untuk berpartisipasi di acara tahunan bertajuk 99th Annual National Sports Festival.

Jika undangan turnamen tahunan sukses, Korea Selatan akan kembali mengundang Korea Utara untuk misi khusus jelang bergulirnya Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Negeri Gingseng berambisi untuk kembali mengibarkan bendera unifikasi Korea Utara-Selatan seperti di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018.


Atlet asal Korea Selatan dan Korea Utara berada dalam satu defile pada saat upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 yang digelar Jumat (9/2/2018). (instagram.com/pyeongchang2018 )

Pada Februari lalu, hubungan Korea Utara-Selatan mendadak adem ketika bendera unifikasi berkibar di upacara pembukaan Olimpiade Pyeongchang 2018.

Para atlet dari dua negara Korea ini berjalan beriringan dengan bendera putih bergambang semenanjung Korea.

Pemandangan tersebut diharapkan kembali tercipta di pembukaan Asian Games 2018 yang berlangsung pada 18 Agustus 2018 di Indonesia.

Komite festival tahunan Korea Selatan sudah gencar melayangkan undangan ke Negeri Kim Jong-un sejak bulan April.