3 Atlet Ini Buktikan Indonesia Sebenarnya Tak Pernah Kekurangan Bakat Juara Dunia

By Doddy Wiratama - Sabtu, 14 Juli 2018 | 22:10 WIB
Sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, saat tampil sebagai pemenang Kejuaraan Atletik Dunia U-20 2018 yang berlangsung di Tampere, Finlandia. (Asian Athletics)

 Nama Lalu Muhammad Zohri pada beberapa hari ke belakang menjadi buah bibir masyarakat Indonesia berkat prestasinya sebagai seorang atet lari cepat.

Atlet asal Nusa Tenggara Barat itu berhasil meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 (IAAF World U-20 Championship) yang digelar di Tempere, Finlandia, pada Rabu (11/7/2018).

Yang lebih membanggakan, Lalu Muhammad Zohri berhasil menjadi pemenang pada salah satu nomor lomba paling bergengsi, yakni lari cepat 100 meter putra.

Zohri mampu menjadi pelari pertama yang melintasi garis finis dengan catatan waktu 10,18 detik dan sukses mengalahkan dua sprinter Amerika Serikat yang menduduki peringkat dua dan tiga.

Pada sisi lain, catatan waktu yang dicetak Lalu Muhammad Zohri itu hanya terpaut tipis dari mantan sprinter Indonesia sekaligus penyandang gelar pria tercepat di Asia Tenggara, Suryo Agung Wibowo (10,17 detik).

Di usia yang masih 18 tahun, Zohri tentu saja masih memiliki ruang yang besar untuk menyamai atau bahkan melebihi rekor milik Suryo Agung.

(Baca Juga: Ketika Sprinter 17 Tahun Ancam Rekor Manusia Tercepat se-Asia Tenggara)

Mundur sekitar dua bulan sebelum Lalu Muhammad Zohri menggemparkan kita semua di Finlandia, prestasi yang tak kalah cemerlang juga berhasil diraih oleh atlet Indonesia di China.

Aries Susanti Rahayu kala itu berhasil menorehkan prestasi gemilang kala tampil pada kejuaraan panjat tebing tingkat dunia, IFSC World Cup Climbing 2018.

Berdasarkan penelusuran BolaSport.com, perempuan asal Grobogan ini sukses meraih medali emas setelah mengalahkan Elena Timofeeva (Rusia) pada partai final.