Rifanty Kahfiani Menang, Indonesia Berpotensi Tambah Wakil pada Babak Utama Women Circuit International Tennis 2018

By Yakub Pryatama - Senin, 16 Juli 2018 | 13:38 WIB
Petenis tunggal putri Indonesia, Rifanty Kahfiani, yang berlaga di turnamen PT PP Women's Circuit International Tennis 2018 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, 7-14 Juli 2018. (HUMAS PENYELENGGARA)

Petenis tunggal putri Indonesia, Rifanty Kahfiani dan Fitriana Sabrina, sukses bermain apik di laga awal kualifikasi Pelti-Widya Chandra Women's Circuit International Tennis 2018 yang akan berlangsung di lapangan tenis Hotel Sultan Jakarta, 17-21 Juli. 

Fitriana mampu unggul straight set atas petenis Singapura, Sarah Pang, 6-2, 6-0.

Adapun Rifanty harus berjuang lebih keras guna menyingkirkan petenis asal India, Nithya Raj, dengan skor ketat, 7-6(4),7-6(2). 

Dengan kemenangan tersebut, keduanya akan melaju ke pertandingan final kualifikasi di ajang yang berhadiah total 15.000 dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 120 juta.

Rifanty akan menantang unggulan ketiga asal Australia, Lisa Mays.

Sementara itu, Fitriana bakal bertemu dengan unggulan kelima asal India, Snehal Mane.

"Persaingan tentu saja akan lebih ketat dan turnamen ini akan menjadi uji coba yang tepat bagi para petenis Indonesia yang dipersiapkan menuju Asian Games (AG) 2018," tutur Susan Soebakti, selaku Direktur Turnamen Pelti-Wijaya Chandra Women's Circuit International Tennis 2018.

(Baca juga: Kejuaraan Asia Junior 2018 - Bermain Sabar Jadi Kunci Kemenangan Tunggal Putri Indonesia Ini untuk Kalahkan Pemain Nomor 1 Dunia)

Sementara itu, Indonesia telah memiliki lima petenis di babak utama seri kedua kejuaraan tenis internasional khusus putri. Juara tunggalseri perdana di Solo, Aldila Sultjadi, menjadi satu-satu wakli Tanah Air yang lolos langsung karena berperingkat 753 dunia. 

Empat petenis lainnya, yakni Deria Nur Haliza, Joleta Budiman, Fitriani Sabatini, dan Friska Madelyn, lolos ke babak utama setelah memanfaatkan wild card  yang dimiliki tuan rumah.