Jelang Asian Games 2018, Kali Item Dekat Wisma Atlet Ditutupi Kain

By Susi Lestari - Minggu, 22 Juli 2018 | 18:23 WIB
Kali Item yang terletak di belakang Wisma Atlet, Kemayoran, dipasangi jaring-jaring berwarna hitam untuk menutupi aliran kali yang berwarna hitam, Kamis (19/7/2018). (ARDITO RAMADAN D/KOMPAS.COM)

Kali Sentiong yang dijuluki sebagai Kali Item yang terletak di belakang Wisma Atlet, Jakarta Pusat, ditutupi jaring warna hitam berbahan nilon atau biasa disebut kain waring.

Kasubbag Kepegawaian Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Supriyoni, mengatakan pemasangan itu dilakukan untuk menutupi keruhnya warna Kali Item yang tak sedap dipandang.

"Fungsinya untuk menambah keindahan sehingga kali yang airnya hitam itu tidak terlihat langsung oleh para atlet internasional, ini intinya untuk mempercantiklah,' kata Supriyono dilansir BolaSport.com dari Kompas.com.

Supriyono menambahkan pemasangan jaring itu diharapkan dapat mengurangi bau tak sedap yang muncul dari Kali Item.

(Baca Juga: Brice Leverdez Siap Jadi Mimpi Buruk Lee Chong Wei pada Kejuaraan Dunia 2018)

"Makanya ini kan kaitannya dengan Asian Games 2018 jadi di sekitar Wisma Atlet harus dibenahi, tujuannya sebenarnya supaya mengurangi bau tidak sedap di daerah ini," tambah Supriyono.

Supriyono menjelaskan jaring berwarna hitam akan dipasang sepanjang aliran Kali Item mulai dari jembatan Mato sampai jembatan Jubilee School.

Sementara itu, pengawas proyek penutupan kali, edi Mahmudi, mengatakan jaring yang dipakai mempunyai panjang 689 meter dan lebar 20-23 meter.

Setiap harinya ada 16 pekerja yang diturunkan untuk memasang jaring-jaring tersebut.