Gara-gara Lee Chong Wei, Malaysia Turunkan Target pada Asian Games 2018

By Susi Lestari - Kamis, 26 Juli 2018 | 14:59 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, saat menghadiri konferensi pers seusai laga semifinal Indonesia Open 2018, di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (7/7/2018). (NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM)

Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) merasa terpukul atas keputusan Lee Chong Wei menarik diri pada dua turnamen bergengsi yakni Kejuaraan Dunia 2018 dan Asian Games 2018

Selain terpukul, Ng Chin Chai (Sekretaris BAM) mengatakan akan meninjau ulang target Malaysia pada dua turnamen tersebut.

Lee mengumumkan menarik diri dari Kejuaraan Dunia 2018 dan Asian Games 2018 pada Selasa (24/7/2018).

Sebelum pengumuman tersebut, Lee secara misterius tidak hadir pada pelatihan selama lebih dari seminggu sebelum akhirnya BAM mengkonfirmasi bahwa pemain berusia 35 tahun tersebut menderita masalah pernapasan yang akan membuatnya setidaknya satu bulan.

(Baca Juga: Ini Pihak yang Diuntungkan oleh Absennya Lee Chong Wei di Kejuaraan Dunia dan Asian Games 2018)

Padahal, sebelumnya BAM sudah mengumumkan secara luas bahwa Lee diharapkan dapat menyumbang medali emas di di nomor perorangan tunggal putra dan memainkan peran penting pada nomor beregu di Asian Games 2018.

"Dengan adanya Lee dalam skuat, kontingen Malaysia memiliki peluang bagus untuk memenangkan medali di nomor tunggal putra dan beregu putra, tetapi tidak lagi terjadi sekarang," kata Ng dilansir BolaSport.com dari The Star.

"Ketidakhadirannya tentu saja merupakan kerugian besar karena dia selalu berjasa selama bertahun-tahun," ucapnya.

"Jadi kami pasti akan meninjau dan menurunkan target Malaysia sekarang karena kami tidak akan pergi ke Asian Games tanpa dia," ujar Ng lagi.