Chan Peng Soon: Sudah Saatnya Malaysia Memutus Ketergantungan pada Lee Chong Wei

By Susi Lestari - Jumat, 27 Juli 2018 | 19:06 WIB
Pemain ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying, memamerkan medali perak yang mereka dapatkan pada Olimpiade Rio 2016 di Stadion Riocentro, Rio de Janeiro, 17 Agustus 2016. ( GOH CHAI HIN/AFP )

Pebulu tangkis spesialis ganda campuran, Chan Peng Soon, mengatakan sudah waktunya Malaysia memutus ketergantungan pada Lee Chong Wei.

Selama bertahun-tahun lamanya, Lee Chong Wei sangat berjasa dalam menjaga nama baik Malaysia pada cabang olahraga (cabor) bulu tangkis.

Namun, Negeri Jiran sepenuhnya yakin bahwa mereka sudah tidak boleh bergantung pada peraih medali perak Olimpiade Rio 2016 tersebut.

(Baca Juga: Demi Privasi, BAM Bungkam Terkait Kondisi Kesehatan Lee Chong Wei)

Terlebih setelah Lee dikabarkan sakit dan terpaksa mengundurkan diri dari dua turnamen bergengsi sekaligus yakni Kejuaraan Dunia 2018 dan Asian Games 2018.

Meski sedih, menurut Chan Peng Soon, berita tentang mundurnya Lee bisa dijadikan momentum.

Tandem Goh Liu Ying itu mengatakan bahwa inilah saat yang tepat bagi skuat nomor lain yakni ganda campuran dan ganda putra untuk bisa unjuk gigi pada Kejuaran Dunia 2018.

"Saat ini, ganda putra dan ganda campuran Malaysia memiliki kesempatan yang sama untuk melakukannya dengan baik. Kami harus memanfaatkan peluang sepenuhnya," kata Chan yang dilansir BolaSport.com dari NST.

"Melihat hasil undian (drawing), ganda putra dan ganda campuran bisa melangkah jauh. Namun, kami juga tidak akan terlalu percaya diri," tutur dia.