Obor Asian Games Sudah Sampai di Makassar, Ini Rute yang Bakal Ditempuh

By Bayu Nur Cahyo - Sabtu, 28 Juli 2018 | 16:32 WIB
Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, mengangkat obor Asian Games 2018 di Pulau Pyainemo, Raja Ampat, Papua Barat pada Kamis (26/7/2018). (DOK. INASGOC)

Rangkaian kegiatan Kirab Obor alias torch relay Asian Games 2018 sudah sampai di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Sabtu (18/7/2018) sekitar pukul 09.00 WITA.

Setelah dibawa keliling Papua, api obor Asian Games 2018 tersebut dibawa menggunakan pesawat Hercules dan mendarat di Landasan Udara Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Kemudian, obor tersebut diserahkan oleh Komandan Lanud Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budianto kepada penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono.

Nantinya, rute Kirab Obor Asian Games 2018 akan melalui Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bantaeng, hingga Kabupaten Bulukumba.

Setelah itu, obor Asian Games akan diarak ke Pantai Tanjung Bira yang menjadi titik nol Sulawesi.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Makassar, Hendra Hakamuddin, ada 10 mantan atlet yang akan meramaikan acara Kirab Obor Asian Games di Makassar.

"Ada sekitar 10 mantan atlet yang membawa api obor Asian Games selama di Sulawesi Selatan," kata Hendra yang dilansir BolaSport.com dari Kompas.com.

(Baca juga: Yamaha Akhirnya Siapkan Perkembangan Peranti Elektronik untuk Senangkan Valentino Rossi)

Lebih lanjut, pemerintah setempat sudah menyiapkan kapal Pinisi untuk mengarak obor Asian Games 2018 itu.