Debut di Asian Games 2018, Poomsae Taekwondo Yakin Bisa seperti Karate Kata

By Any Hidayati - Kamis, 9 Agustus 2018 | 14:58 WIB
Aksi salah satu peserta nomor Men Team Poomsae cabang Taekwondo 18th Asian Games Invitation Tournament di JIE Expo Kemayoran. ( FERNANDO RANDY/BOLASPORT.COM )

Asian Games 2018 dipastikan akan menjadi panggung untuk mempertunjukkan disiplin baru di cabang olahraga Taekwondo.

Olahraga beladiri asal Korea Selatan tersebut tidak akan lagi hanya mempertandingkan satu disiplin saja, tetapi dua disiplin.

Jika sebelumnya taekwondo identik dengan demonstrasi menyerang atau bertahan (sparring) kini juga akan mempertandingkan gerakan ritmis dan dinamis dalam sebuah grup (poomsae).

Pada Asian Games 2018, disiplin poomsae akan memperebutkan total empat medali emas untuk nomor putra dan putri.

Mengingat pentingnya debut dan harga diri sebagai negara asal taekwondo, Korea Selatan pun optimis sapu bersih medali emas.

"Saya pikir kami bisa memenangi empat medali tersebut jika atlet kami tidak melakukan kesalahan," ujar kepala pelatih Kwak Taek-yong.

Seperti diberitakan BolaSport.com sebelumnya, Korea Selatan menargetkan minimal sembilan medali emas untuk disipilin sparring dan poomsae di Asian Games 2018.

Sembilan medali ini terdiri dari enam sparring dan sisanya dari disiplin poomsae. Namun, Korea Selatan optimis bisa melebihi target tersebut.


Suasana para karateka menjalani pelatnas. ( HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET )