Alasan Utama Korsel Yakin Bisa Sapu Bersih Emas Poomsae Asian Games 2018

By Any Hidayati - Kamis, 9 Agustus 2018 | 15:30 WIB
Aksi salah satu peserta nomor Men Team Poomsae cabang Taekwondo 18th Asian Games Invitation Tournament di JIE Expo Kemayoran. ( FERNANDO RANDY/BOLASPORT.COM )

Selain harga diri sebagai negara kelahiran, Korea Selatan ternyata memiliki alasan lain terkait optimisme mereka terhadap cabang olahraga (cabor) taekwondo dalam ajang Asian Games 2018.

Alasannya ialah pada Asian Games 2018 akan ada disiplin baru yang dipertandingkan dalam cabor taekwondo yaitu poomsae.

Selama ini, disiplin yang dipertandingkan di taekwondo hanya identik dengan pertarungan menyerang dan bertahan satu lawan satu (sparring).

(Baca Juga: Akhirnya Johann Zarco Buka Suara soal Isu Negatif dengan Sang Manajer)

Namun pada Asian Games 2018, gerakan ritmis dan dinamis yang menguji kekompakan tim akan dipertandingkan lewat disiplin poomsae.

Disiplin ini akan memperebutkan empat medali emas untuk nomor putra dan putri.

Kepala pelatih Taekwondo Korea Selatan, Kwak Taek-yong, menjelaskan jika poomsae tidak hanya akan menguji kekompakan tim.

"Para kontestan akan dinilai dari berbagai kriteria tetapi pertama-tama mereka harus bisa melompat tinggi, melakukan berbagai gerakan dengan benar dan mendarat dengan sempurna," kata Kwak.

Sang pelatih yakin jika anak didiknya akan tampil perkasa dan menyapu bersih semua medali emas yang disediakan karena memiliki kemampuan istimewa.