Richard Mainaky Nilai Rencana Liliyana Natsir untuk Pensiun Sudah Tepat

By Delia Mustikasari - Minggu, 12 Agustus 2018 | 19:25 WIB
Pasangan ganda campuran nasional, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berpose dengan pelatihnya, Richard Mainaky, setelah acara pemberian bonus Olimpiade dan Paralimpiade 2016 di Gedung Popki, Cibubur, Rabu (2/11/2016). (REXY MAINAKY/PBSI)

Pelatih kepala ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky, menilai bahwa rencana Liliyana Natsir untuk pensiun sudah tepat.

Liliyana berencana gantung raket pada akhir tahun ini. Sebelumnya, dia mengungkapkan niat untuk gantung raket selepas Olimpiade Rio 2016.

"Kalau lihat dari apa yang sudah dia capai, cukup tepat kalau Liliyana pensiun sehingga orang melihat dia menutup kariernya dengan manis," kata Richard kepada BolaSport.com beberapa waktu lalu.

Di tengah rencana pensiun, klub PB Djarum yang menjadi tempat Liliyana bernaung saat ini menilai bahwa Liliyana masih berpotensi hingga Olimpiade Tokyo 2020.

Liliyana sempat dibekap cedera lutut setelah dia mengalaminya pada China Open 2016.

Namun, kondisi lututnya saat ini sudah membaik dan dia berhasil menjuarai Indonesia Open, Juni lalu.

"Sebenarnya kalau kita lihat dengan program yang saya bentuk, Liliyana bisa sembuh total kakinya. Dia punya kualitas bermain. Jadi, bisa saja kalau dia ingin tampil sekali lagi pada Olimpiade," ucap Richard.

"Saya sebagai pelatih, sudah membawa dia jadi pemain top. Tetapi, kita tidak bisa mengandalkan Tontowi/Liliyana terus," ujar Richard.

(Baca juga: Richard Mainaky Sudah Siapkan Pasangan Baru jika Liliyana Natsir dan Debby Susanto Pensiun)