Api Abadi Asian Games Siap Ulang Memori di Jakarta

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 14 Agustus 2018 | 19:00 WIB
Mantan pebulu tangkis nasional Indonesia, Susy Susanti (tengah), yang membawa api dari India untuk kirab obor Asian Games 2018 saat tiba di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Selasa (17/7/2018). ( GONANG SUSATYO/BOLASPORT.COM )

Api abadi Asian Games siap mengulang memori dengan kembali menyambangi Jakarta, Indonesia, pada 15-18 Agustus 2018.

Kedatangan api abadi Asian Games ini akan menjadi kali kedua. Sebelumnya, Jakarta sudah pernah menerima kehadiran api abadi Asian Games pada tahun 1962.

Tahun ini, Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah pesta olahraga empat tahunan negara-negara Asia. Selain di Jakarta, Asian Games 2018 juga akan digelar di Palembang, Sumatra Selatan.

Sebelum memulai seluruh rangkaian pertandingan maupun perlombaan, Asian Games selalu diawali dengan agenda kirab obor alias torch relay.

Di Indonesia, kirab obor sudah dilakukan sejak 15 Juli lalu.

Dimulai dari pengambilan api abadi Asian Games di India, kirab obor ini dilanjutkan dengan rute perjalanan yang hampir mengelilingi seluruh Indonesia.

Hari ini, Selasa (14/8/2018), kirab obor sudah sampai di Kota Bogor, Jawa Barat. Besok, perjalanan api abadi Asian Games akan tiba di Jakarta dan bakal diarak selama empat hari beruntun yakni pada 15-18 Agustus.

Di Jakarta, kirab obor Asian Games akan diarak mengelilingi lima kota dan satu kabupaten administratif.

Kota Jakarta Timur menjadi kota pertama yang bakal disinggahi oleh kirab obor Asian Games 2018 pada Rabu (15/8/2018).

Kirab akan dimulai dari Lippo Mall Kramat Jati pada pukul 07.00 WIB untuk selanjutnya diarak menuju ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) hingga menyusuri Jalan TB Simatupang di Kota Jakarta Selatan.