Untuk Kali Pertama Lin Dan Gagal Tampil pada Kategori Perorangan Asian Games 2018

By Any Hidayati - Kamis, 16 Agustus 2018 | 16:32 WIB
Dua pebulu tangkis tunggal putra China, Chen Long (kiri) dan Lin Dan, berpose pada sesi konferensi pers di Singapura, 12 April 2016. ( ROSLAN RAHMAN/AFP )

Asian Games 2018 akan menjadi salah satu peristiwa bersejarah yang kurang baik bagi pebulu tangkis tunggal putra legendaris dari China, Lin Dan.

Pebulu tangkis berjulukan Super Dan ini untuk kali pertama sejak Asian Games Busan 2002 bakal absen pada kategori perorangan.

Persaingan ketat dengan para pemain junior membuat Lin Dan tersisih dari persaingan untuk tampil pada kategori perorangan Asian Games 2018.

Nantinya, China akan menurunkan Chen Long dan Shi Yuqi sebagai amunisi nomor tunggal putra pada kategori perorangan.

Shi Yuqi saat ini duduk di peringkat ke-2 dunia, sedangkan Chen Long adalah pemain tunggal putra nomor tujuh dunia.

Di sisi lain, Super Dan menduduki peringkat ke-14 dunia karena performa yang terus turun sepanjang kalender kompetisi 2018.

Meski begitu, Lin Dan dipastikan tetap terbang ke Indonesia untuk tampil pada pertandingan beregu putra.


Tim putra China berpose dengan Piala Thomas yang didapat setelah menang 3-1 atas Jepang pada final yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (27/5/2018).(LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP PHOTO)

Berdasarkan catatan perjalanan karier bulu tangkisnya, Lin Dan selalu masuk skuat perorangan pada Asian Games sejak tahun 2002.