Demi Asian Games 2018, Joseph Schooling Rela Meninggalkan Hobi Makannya

By Doddy Wiratama - Kamis, 16 Agustus 2018 | 18:03 WIB
Perenang Singapura, Joseph Schooling (kanan), berpose dengan medali emas saat tiba di Bandara Changi, Senin (15/8/2016), setelah berlomba pada Olimpiade Rio 2016. Dia menjadi atlet Singapura pertama yang meraih medali emas Olimpiade. (ROSLAN RAHMAN/AFP PHOTO)

Untuk kali pertama, Singapura datang ke ajang Asian Games dengan membawa seorang atlet peraih medali emas Olimpiade. Sosok tersebut tak lain adalah Joseph Isaac Schooling.

Ya, Joseph Schooling tercatat dalam buku sejarah Singapura sebagai atlet pertama di negeri itu yang mampu meraih medali emas pada ajang Olimpiade.

Schooling meraih medali emas cabang olahraga (cabor) renang pada Olimpiade Rio 2016 saat turun pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra.

Prestasi Joseph Schooling tersebut jelas tak main-main lantaran dirinya meraih medali emas pada cabor renang yang biasanya didominasi oleh wakil-wakil Amerika Serikat.

Bahkan, saat itu Schooling sukses berdiri di podium teratas usai mengalahkan perenang andalan AS, Michael Phelps, pada nomor final 100m gaya kupu-kupu Olimpiade 2016.

Dengan capaian gemilangnya itu, Joseph Schooling diprediksi menjadi salah satu andalan Singapura untuk meraih medali emas pada cabor renang Asian Games 2018.

Atlet 23 tahun itu pun mengaku antusias untuk tampil pada ajang empat tahunan tersebut dan sudah melakukan berbagai persiapan, termasuk membuat tubuhnya tetap ideal.

Menjaga tubuh ideal menjadi hal yang sedikit rumit bagi Schooling karena dirinya mengaku sebagai pria yang gemar makan.

(Baca Juga: Kisruh Sistem Ticketing Asian Games 2018)