Seusai Pembukaan Megah Asian Games, Kebingungan Melanda Pengunjung

By Firzie A. Idris - Sabtu, 18 Agustus 2018 | 23:48 WIB
Beberapa ofisial asing bertanya kepada supir bus shuttle bus usai Opening Ceremony Asian Games 2018 di Stadion Utama GBK, Jakarta, pada Sabtu (18/8/2018). (FIRZIE A. IDRIS/BOLASPORT.COM)

Asian Games 2018 secara resmi dibuka dengan upacara meriah yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (18/8/2018) malam

Acara dimulai pukul 19.00 WIB dan dimeriahi oleh berbagai artis papan atas Tanah Air seperti Anggun C. Sasmi, Joey Alexander, Ariel "Noah" dan Via Vallen.

Tari-tarian lokal dan lagu-lagu daerah pun bergantian menghiasi panggung raksasa berbentuk pemandangan alam tersebut.

Bahkan, pembukaan Asian Games ini juga menunjukkan "aksi" Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengendarai motor ke Stadion SUGBK, sesuatu yang disambut dengan sangat baik oleh beberapa media asing termasuk di Korea Selatan.

Menurut Ketua Deputy II INASGOC, Francis Wanandi, acara pembukaan dengan tema Bhinneka Tunggal Ika tersebut memakan biaya 55 juta dolar AS atau sekitar 700 miliar rupiah.

(Baca Juga: Opening Ceremony Asian Games 2018 - Presiden Jokowi Lebih Keren dari James Bond di Olimpiade 2012?)

Namun, seusai kemeriahan tersebut, terdapat kebingungan yang menimpa banyak penonton terutama warga asing.

Belasan shuttle bus yang disediakan panitia tidak mempunyai informasi mencukupi sehingga banyak sekali penonton kebingungan saat hendak memasuki bus.


Seorang volunteer berbicara kepada tamu yang ingin naik ke shuttle bus usai Opening Ceremony Asian Games 2018 di Stadion Utama GBK, Jakarta, pada Sabtu (18/8/2018).(FIRZIE A. IDRIS/BOLASPORT.COM)

Setiap bus hanya ditempeli kertas kecil di jendela yang berisikan nama tujuan bus tersebut.