Baru Hari Kedua Asian Games 2018, Indonesia Sudah Samai Perolehan Medali Emas 4 Tahun Lalu

By Bayu Nur Cahyo - Senin, 20 Agustus 2018 | 17:05 WIB
Atlet wushu, Lindswell Kwok, berpose dengan Presiden RI, Joko Widodo, usai mempersembahkan emas dari cabang wushu Asian Games 2018, Senin (20/8/2018) di Jakarta. (PERSIANA GALIH/TABLOID BOLA)

Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang secara resmi memang baru memasuki hari kedua, tetapi dari segi perolehan medali emas, kontingen Indonesia sudah berhasil menyamai pencapaian Asian Games Incheon 2014.

Sejauh ini, kontingen Indonesia sudah meraup empat medali emas.

Keping-keping medali emas tersebut masing-masing diraih oleh Defia Rosmaniar (taekwondo), Lindswell Kwok (wushu), Tiara Andini Prastika (balap sepeda), dan Khoiful Mukhib (balap sepeda).

(Baca juga: Media Inggris Soroti Keamanan Selama Asian Games 2018)

Defia menjadi atlet Merah Putih pertama yang berhasil mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada Asian Games edisi ke-18.

Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu meraih emas setelah menjadi yang terbaik dalam nomor poomsae individual putri di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Minggu (19/8/2018). 

Sehari berselang, giliran Lindswell yang naik ke podium kampiun.

Beraksi pada nomor taijiquan dan taijijian di JIExpo Kemayoran, Senin (20/8/2018), Lindswell tampil memukau sehingga berhasil memperoleh total 19,50 poin.

Masih pada hari sama, Indonesia berhasil menambah koleksi medali emas melalui aksi ekstrim nan ciamik yang ditampilkan dua pebalap sepeda, Tiara dan Khoiful, pada nomor downhill.