Asian Games 2018 - Kekalahan Terbaru Indonesia di Cabor Taekwondo Dipertanyakan

By Yakub Pryatama - Senin, 20 Agustus 2018 | 19:09 WIB
Atlet taekwondo Indonesia, Mariska Halinda (kiri), melakukan tendangan saat melawan atlet taekwondo Thaland dalam laga perebutan medali emas SEA Games 2017 kelas 53 kg putri di KLCC pada Senin, 28 Agustus 2017. (ERLY BAHTIAR/BOLA/BOLASPORT.COM)

Atlet taekwondo nomor kyorugi kelas -53 kg putri, Mariska Halinda, merupakan satu-satunya taekwondoin yang lolos ke perempat final, setelah mengalahkan Maria Madeira de Jesus Boavida Barros, asal Timor Leste, dengan skor 28-3, di Plenarry Hall Jakarta Convention Center, Senin (20/8/2018).

Namun, langkah Mariska terpaksa terhenti lantaran kalah satu poin saja melawan Laetitia Aoun, asal Libanon, dengan skor 22-23.

Padahal, Mariska jauh lebih diunggulkan ketimbang sang lawan yang baru ditemuinya pada AG 2018.

Karena secara teknis kemampuan Mariska di atas taekwondoin asal Libanon itu. 

(Baca Juga: Emas Asian Games 2018 - Defia Rosmaniar dan Lindswell Punya Sikap Berbeda saat Ditonton Presiden Jokowi)

Kekalahan ini mengundang tanda tanya. Pelatih kyorugi, Taufik Krisna, menjelaskan memang sistem pertandingan taekwondo yang memakai sensor sempat rusak ketika waktu istirahat sebelum pertandingan.

“Secara kemampuan Mariska di atas Libanon. Memang ada masalah, terkait sistem pertandingan yang sempat rusak, tapi kami juga tak mau menyalahkan itu kenapa,” ujar Taufik kepada Bolasport, pasca pertandingan di JCC, Senin, (20/8).

(Baca Juga: Gondol 4 Emas, Target Medali Emas Indonesia di Asian Games 2018 Kurang Berapa?)

Saboemnim Taufik juga mempertanyakan banyaknya tendangan-tendangan yang tidak begitu berdampak dihasilkan Libanon, tapi malah menghasilkan poin untuk Libanon.