Rowing Asian Games 2018 - Ini Rahasia China Langsung Raih 6 Emas pada Hari Pertama

By Delia Mustikasari - Jumat, 24 Agustus 2018 | 06:38 WIB
Pedayung Cina Zhang Liang yang meraih medali emas final dayung kelas ringan tunggal putra mengangkat bendera seusai penyerahan medali Asian Games ke-18 tahun 2018 di Venue Rowing Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (23/8/2018). (WAHYU PUTRO/ANTARA FOTO/ INASGOC)

Tim dayung China langsung mengemas enam keping medali emas pada hari pertama perlombaan disiplin rowing yang digelar di Regatta Course, Jakabaring Sport City, Palembang.

Keping medali emas China didapat dari nomor Mens Single Sculls, Mens Pair, Womens Single Sculls, Mens Double Sculls, dan Womens Pair.

Padahal, mereka harus melewati banyak rintangan dalam perjalanan meraih medali emas.

Hal tersebut dimulai dengan menempuh perjalanan jauh dari China menuju Palembang, Sumatra Selatan hingga penyesuaian diri dengan iklim yang cukup panas.

"Perjalanan kami dari Indonesia ke Palembang cukup panjang yakni China-Beijing-Jakarta-Palembang. Mental untuk menjadi juara tidak menyurutkan semangat kami karena kami ingin seperti teman kami yang lebih dulu meraih medali emas Asian Games," kata pedayung yang turun di nomor Mens Single Sculls, Zhang Liang, kepada media, termasuk BolaSport.com, Kamis (23/8/2018).

Setibanya di Palembang, Zhang dan rekan senegara lainnya menyiasati perbedaan suhu dengan memperbanyak konsumsi air putih untuk mengurangi dehidrasi.

"Satu hal yang selalu kami ingat untuk menjadi juara adalah lagu kebangsaan kami. Biaya untuk latihan dan mengikuti Asian Games berasal dari rakyat China. Jadi, kami bersemangat saat bertanding," aku Zhang.

(Baca juga: Panjat Tebing Asian Games 2018 - Ada Cicak di Kepala Peraih Perunggu asal Indonesia Ini)

Zhang dan teman-teman juga menikmati suasana di Palembang. Mulai dari fasilitas di wisma atlet hingga suasana kota Palembang.