Ini 5 Sekolah yang Punya Program eSports, Ada yang di Indonesia

By Dwi Widijatmiko - Minggu, 26 Agustus 2018 | 17:11 WIB
Pelaksana Tugas (plt) Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia, Helen Sarita, berbicara dalam acara bertajuk penyambutan eSports sebagai olahraga prestasi andalan pada masa depan di High Grounds Icafe, Jakarta Utara, Selasa (24/7/2018). ( SEPTIAN TAMBUNAN/BOLASPORT.COM )

 Ada masanya di mana penggemar game hanya dianggap sebagai orang-orang yang hanya bisa membuang-buang waktu menekuni sesuatu yang tidak berguna.  

Tetapi, anggapan itu sekarang sudah bisa dikesampingkan karena ada jalur positif yang dapat dilalui oleh para gamer.

Jalur itu adalah electronic sports atau eSports.

Bermain game kini dapat disalurkan menjadi cabang olahraga yang bisa membawa harum nama negara.

Keberadaan gamer seperti mendapatkan pengakuan di level yang lebih tinggi dengan dipertandingkannya eSports di ajang olahraga sebesar Asian Games 2018.


League of Legends terpilih sebagai salah satu dari lima game eSports yang akan dipertandingkan dalam ajang Asian Games 2018. ( GARENA INDONESIA )

(Baca juga: Sumbang Emas ke Indonesia pada Asian Games 2018, Pria Belanda Ini Ingin Jadi Pelatih Terlama dan Tersukses)

Walaupun masih berstatus cabang ekshibisi, tetap saja masuknya eSports sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 memunculkan kegairahan bagi para gamer.

Sebelum Asian Games 2018, sebetulnya sudah lama eSports mendapatkan pengakuan dengan dipertandingkan di berbagai arena internasional.

Sebut saja eGames, Electronic Sports League, FIFA Interactive World Cup, atau League of Legends World Championship, yang rutin berlangsung sejak awal era 2000-an sampai sekarang.