Cerita Christian Hadinata ketika Jadi Bagian Upacara Pembukaan Asian Games 2018

By Aprelia Wulansari - Rabu, 29 Agustus 2018 | 11:06 WIB
Legenda bulu tangkis Indonesia, Christian Hadinata. (APRELIA WULANSARI/TABLOID BOLA)

Legenda bulu tangkis Indonesia, Christian Hadinata, tentu tak bisa melupakan Asian Games 2018. Dia memang tak lagi bermain bulu tangkis, tapi pria berusia 68 tahun ini malah menjadi bagian penting dari ajang multicabang itu.

Ya, Christian Hadinata menjadi salah satu tokoh penting dalam pelaksanaan upacara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

Christian bersama beberapa peraih emas Asian Games dari Indonesia menjadi pembawa bendera dalam salah satu prosesi menuju puncak pelaksanaan upacara pembukaan.

"Saya dikontak sekitar 2-3 minggu sebelum upacara pembukaan. Kami latihan pada Kamis dan Jumat sebelum hari H," tutur Christian kepada Bolasport di Jakarta, Rabu (29/8/2018).

"Kami diatur dan diarahkan, kami masing-masing juga diberikan alat komunikasi (ear piece). Agar kami berjalan sesuai tempo, tidak cepat dan tidak lambat karena harus sesuai dengan musik dan ketika nama dibacakan," ucap pemain yang turun di nomor ganda putra dan ganda campuran ketika masih aktif ini.

(Baca Juga: Asian Games 2018 - Suporter Thailand: Indonesia Bisa, Indonesia Bisa!)

Christian adalah salah satu atlet legenda Indonesia di bulu tangkis dalam pelaksanaan Asian Games. Dia mengumpulkan lima emas dalam tiga kali keikutsertaannya, yakni Asian Games 1974, 1978, dan 1982.

"Saya ikut tiga kali Asian Games dan rekor lima emas itu masih saya pegang. Setelah Asian Games 1982, saya juga ikut Asian Games, tapi sebagai ofisial," tutur pria berpembawaan ramah ini.

Christian saat ini masih aktif melatih dan menjadi ketua tim pemandu bakat PB Djarum dalam Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis.

 

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on