Aksi Petenis Putri Prancis Buka Baju di Laga US Open 2018 Memancing Perdebatan di Dunia Tenis

By Doddy Wiratama - Kamis, 30 Agustus 2018 | 17:27 WIB
Alize Cornet saat tampil pada turnamen tenis grand slam, Australian Open 2018 (instagram.com/alizecornet)

Perdebatan terjadi setelah seorang petenis bernama Alize Cornet melakukan aksi yang jarang diperagakan oleh banyak atlet putri di dalam dunia olahraga, yakni membuka baju di tengah pertandingan.

Alize Cornet memancing perdebatan dalam dunia tenis saat tampil pada babak pertama, US Open 2018, yang berlangsung Selasa (28/8/2018) siang waktu Amerika Serikat.

Pasalnya, pada saat itu petenis putri asal Prancis ini membuka bajunya di tengah pertandingan melawan Johanna Larsson (Swedia).

Cornet membuka bajunya yang basah karena keringat sebelum memakainya kembali di tengah jeda antara set kedua dan ketiga.

Tindakan yang dilakukan perempuan 28 tahun itu pun mendapat peringatan dari umpire yang bertugas pada laga itu, Christian Rask.

Rask menganggap Cornet melakukan tindakan yang tak sportif, meskipun membuat sang petenis kebingungan dengan keputusan tersebut.

Perdebatan terjadi karena pihak penyelenggara US Open 2018 dianggap membatasi hak Alize Cornet dan membeda-bedakan perlakuan antara petenis putra dan putri.

Namun pada keesokan harinya, Rabu (29/8/2018), pihak US Open mengeluarkan pernyataan permintaan maaf dan megoreksi putusan Christian Rask.

"Semua pemain, baik putra dan putri, boleh mengganti pakaian mereka saat duduk di kursi pemain. Itu bukan sebuah hal yang melanggar aturan," tulis pihak US Open dikutip BolaSport.com dari CNBC.