Asian Games 2018 - Sambo yang Bikin Penasaran Penonton Indonesia

By Theresia Simanjuntak - Sabtu, 1 September 2018 | 17:28 WIB
Atlet sambo Uzbekistan Madina Turgunbaeva (atas) melakukan kuncian kepada atlet sambo Tajikistan Ayna Zaripova (bawah) saat bertanding pada babak 16 besar putri -48kg Asian Games 2018 di Assembly Hall JCC Senayan, Jakarta, Jumat (31/8). ( ANTARA FOTO/INASGOC/Talchah Hamid)

Pertandingan Sambo yang berlangsung di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta pada Sabtu (1/9/18) menyita banyak perhatian dari penonton Indonesia.

Sambo merupakan salah satu cabang olahraga (cabor) yang melakukan debut di Asian Games.

Cabor yang berasal dari Uni Soviet ini menggabungkan banyak seni beladiri lainnya, seperti judo dan gulat.

Sambo terbilang cabor yang asing di telinga sebagian besar warga Indonesia.

Meski demikian, hal itu tak mengurangi antusiasme masyarakat lokal untuk menyaksikan langsung pertandingan sambo pada Asian Games 2018.

Berdasarkan pantauan BolaSport.com pada Sabtu sore, mulai anak kecil hingga dewasa bersemangat menonton sambo yang tengah mempertandingkan babak semifinal hingga final.

Padahal, Indonesia tercatat sudah tidak lagi mempunyai wakil lagi yang akan bertading pada putaran akhir tersebut.

"Saya datang bersama ibu dan adik. Kami penasaran dengan sambo, ingin tahu mekanisme permainan ini. Ternyata, sambo menarik sekali," ujar Diedra, penonton perempuan saat dijumpai di sela-sela pertandingan.


Antusiasme penonton di Assembly JCC Senayan Jakarta menyaksikan cabor sambo dalam Asian Games 2018 yang berlangsung Sabtu (1/9/2018).(THERESIA SIMANJUNTAK/BOLASPORT.COM)