Jika Ingin Gelar Olimpiade 2032, Indonesia Jangan Jatuh ke Lubang Hitam

By Bayu Nur Cahyo - Senin, 3 September 2018 | 10:14 WIB
Suasana closing ceremony Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 2 September 2018. (HERKA YANIS PANGARIBOWO/TABLOID BOLA)

Indonesia yang ingin menggelar Olimpiade 2032 setelah sukses dengan Asian Games 2018 ternyata berhasil mencuri perhatian dunia.

Berbagai pemberitaan tentang Indonesia muncul ke permukaan setelah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengungkapkan bahwa Indonesia siap menggelar acara olahraga yang lebih besar dari Asian Games 2018 yaitu Olimpiade 2032.

Hal tersebut mendapat sambutan baik dari Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach.

"Dengan kesuksesan Asian Games ini, Indonesia sudah meletakkan pondasi yang sangat kuat sebagai sebuah kandidat (Olimpiade 2032)," kata Bach yang sudah dikutip BolaSport.com dari Malay Mail.

"Anda bisa melihat komposisi (bagus) di sini, Anda melihat banyak anak muda yang menjadikan Indonesia sebagai negeri yang antusias," ujar dia menambahkan.

(Baca juga: Terbanyak Sepanjang Sejarah, Ini Daftar Perolehan Medali Indonesia Selama Gelaran Asian Games)

Lebih lanjut, Thomas Bach juga menganggap Indonesia akan menjadi kandidat kuat untuk menggelar Olimpiade 2032.

"Masyarakat punya semangat tentang olahraga, dan penyelenggara (Inasgoc) bekerja dengan kesigapan yang tinggi. Jadi saya pikir Indonesia akan menjadi kandidat yang sangat kuat," tutur Bach.

Namun demikian, Thomas Bach memiliki nasihat khusus untuk Indonesia yang memiliki rencana untuk menggelar Olimpiade 2032.

"Saya pikir yang paling penting untuk Indonesia sekarang adalah menjaga momentum Asian Games ini," ucap Bach.