Presiden Jokowi Ingin Penyandang Disabilitas Dapat Saksikan Asian Para Games 2018 secara Gratis

By Delia Mustikasari - Jumat, 7 September 2018 | 17:55 WIB
Presiden RI Joko Widodo bicara dakam rapat terbatas persiapan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/9/2018). (INAPGOC)

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meminta agar kesuksesan Asian Games 2018 berlanjut hingga Asian Para Games 2018.

Ajang olahraga bagi para atlet disabilitas se-Asia ini akan dibuka secara resmi pada 6 Oktober 2018 mendatang.

"Saya minta momentum kesuksesan Asian Games yang telah kita raih kita lanjutkan kembali pada penyelenggaraan Asian Para Games," ucap Jokowi saat  memimpin rapat terbatas tentang persiapan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/9/2018).

Jokowi ingin Indonesia kembali menjadi tuan rumah yang baik bagi para atlet dan ofisial dari kurang lebih 42 negara yang diperkirakan turut berpartisipasi.

"Kami ingin menjadi tuan rumah yang baik serta memberikan pelayanan yang maksimal bagi kurang lebih 2.888 atlet dan 1.826 ofisial yang akan berpartisipasi di 18 cabang olahraga di Asian Para Games," ujar Jokowi.

Untuk itu dalam rapat tersebut, Jokowi memastikan kesiapan lokasi pertandingan, transportasi, wisma bagi para atlet, dan teknis pelaksanaan.

"Saya minta akses gratis bagi penyandang disabilitas untuk menonton pertandingan Asian Para Games," kata Jokowi.

Kesuksesan dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 beberapa waktu lalu dapat dijadikan pembelajaran bagi Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (Inapgoc) untuk dapat menghadirkan kemeriahan serupa.

(Baca juga: Liliyana Natsir Ungkap Alasan Utama Gantung Raket)