Tontowi/Liliyana Batal Turun pada Japan Open 2018

By Delia Mustikasari - Sabtu, 8 September 2018 | 18:43 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana natsir, mengembalikan kok ke arah Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah (Hong Kong). Tontowi/Liliyana menang dengan skor 21-15, 17-21, 21-16, di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (25/8/2018). (SONNY TUMBELAKA / AFP)

 Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, terpaksa menarik diri dari turnamen Japan Open 2018 yang akan berlangsung pada 11-16 September.

Pelatih kepala ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky, menjelaskan bahwa kondisi Liliyana tak memungkinkan untuk bertanding di Tokyo.

Japan Open 2018 BWF World Tour Super 750 akan dilangsungkan di Musashino Forest Sport Plaza.

Richard mengatakan bahwa Liliyana tak dalam kondisi seratus persen fit sehingga ia memutuskan untuk mengistirahatkan pasangan ranking tiga dunia tersebut.

"Butet (Liliyana) saat ini tidak dalam kondisi fit untuk bertanding. Tetapi, bukan cedera kok, kondisi lututnya tidak apa-apa. Dia sedang tidak enak badan, badannya panas," kata Richard seperti dilansir BolaSport.com dari Badmintonindonesia.org.

Namun, Richard memperkirakan kondisi Tontowi/Liliyana akan pulih sebelum gelaran China Open 2018 BWF World Tour Super 1000 yang akan dilangsungkan setelah Japan Open 2018. Hingga saat ini, Richard masih optimis keduanya tetap bisa berlaga pada China Open.

"Saya rasa mereka bisa bertanding di China Open 2018. Mudah-mudahan recovery dan persiapannya bisa kami maksimalkan," ujar Richard.

Tontowi rencananya akan tetap bertolak ke Tokyo pada Jumat (14/9/2018) untuk hadir memenuhi persyaratan dari BWF (Badminton World Federation) guna menghindari denda.

(Baca juga: Asosiasi Bola Basket Jepang Resmi Minta Maaf kepada Parlemen)