Negara Ini Dipastikan Jadi Tuan Rumah Asian Para Games Berikutnya Setelah Indonesia

By Delia Mustikasari - Selasa, 18 September 2018 | 12:45 WIB
Ketua Umum Inapgoc Raja Sapta Oktohari (kiri) memegang obor yang digunakan pada pawai obor jelang Asian Para Games 2018 di Bali, Minggu (16/9/2018). (INAPGOC)

Hangzhou, China sudah memastikan diri sebagai tuan rumah Asian Games 2022. Namun, mereka baru mengumumkan kepastian sebagai tuan rumah Asian Para Games pada September ini.

Sebelumnya, pejabat dari Asian Paralympic Committee (APC) yang dipimpin oleh Presiden Majid Rashed dan Kepala Eksekutif Tarek Souei sudah mengunjungi Hangzhou pada Juli lalu.

Mereka bertemu dengan Yuan Jiajun, Gubernur Provinsi Zhejiang, Xu Liyi, Walikota Hangzhou, dan pejabat lainnya.

Delegasi APC dibawa berkeliling untuk melihat fasilitas olahraga dan membicarakan rencana untuk mengintegrasikan sepenuhnya penduduk disabilitas Hangzhou ke dalam komunitas pada 2020.

Serah terima Hangzhou sebagai tuan rumah Asian Para Games 2022 akan dilakukan pada 13 Oktober mendatang atau pada penutupan Asian Para Games 2018 di Jakarta.

Sebelumnya Indonesia menjadi tuan rumah pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

"Saya senang untuk mengonfirmasi bahwa Hangzhou akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022," kata Rashed seperti dilansir BolaSport.com dari Insidethegames.

(Baca juga: China Open 2018 - Tontowi/Liliyana Tumbangkan Wakil Jepang dalam 22 Menit)

"Hasil dari kunjungan kami bahwa pada Juli sudah jelas. Pihak berwenang setempat sedang berusaha menciptakan tempat dan fasilitas yang sangat baik untuk Asian Para Games," ujar Rashed.