Ini Dia 2 Cabor yang Akan Diikuti Korea Bersatu pada Asian Para Games 2018

By Any Hidayati - Rabu, 19 September 2018 | 20:37 WIB
Korea Selatan dan Korea Utara bersatu dalam satu bendera unifikasi pada defile pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018). ( REUTERS )

Korea Bersatu diperkirakan bakal mengikuti beberapa cabang olahraga pada ajang Asian Para Games 2018 yang digelar di Jakarta Oktober mendatang.

Seperti saat Asian Games 2018, kontingen gabungan antara Korea Utara dan Korea Selatan ini juga akan menggunakan bendera unifikasi di Asian Para Games.

Meski belum secara resmi disetujui oleh Komite Paralimpiade Asia, tim Korea yakin bahwa usulan untuk kembali membawa bendera unifikasi di ajang multiolahraga akan menjadi kenyataan.

Ketua Komite Paralimpiade Korea, Lee Myung-ho, pun menjelaskan cabang olahraga yang ingin mereka ikuti pada Asian Para Games 2018.

"Kami berencana untuk bergabung menjadi tim Korea di tenis meja dan berenang," ujar Lee seperti dikutip BolaSport.com dari Yonhap News.

Menurut Lee Myung-ho, timnya telah berdiskusi dengan Korea Utara soal keikutsertaan tim tenis meja dan renang dengan bendera Korea Bersatu.

"Kami telah berdiskusi soal hal ini dengan Korea Utara. Hasil final akan tampak saat Komite Paralimpiade Asia mengumumkan daftar resmi negara peserta," lanjut Lee.


Peltaih tenis meja Korea Selatan, Moon Chang-joo (dua dari kanan), berfoto dengan anak asuhnya. ( YONHAPNEWS )

Jika rencana Korea Bersatu disetujui maka ini akan menjadi sejarah pertama keikutsertaan Korea Utara dan Korea Selatan dengan bendera unifikasi di ajang multiolahraga untuk penyandang disabilitas.