Jelang Asian Para Games 2018 - Para Bulu Tangkis Akan Terapkan Standar seperti Indonesia Open di Istora Senayan

By Delia Mustikasari - Jumat, 28 September 2018 | 20:12 WIB
Kabid Umum Para Badminton, Mimi Irawan memberi penjelasan kepada penyandang Disabilitas di Istora GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (28/9/2018). (TRI MEILINA / BOLASPORT.COM)

Cabang olahraga para bulu tangkis pada Asian Para Games 2018, 6-13 Oktober akan menerapkan standar seperti pertandingan Indonesia Open yang digelar di Istora Senayan, Jakarta.

Tahun ini, Istora Senayan Jakarta sudah menggelar tiga turnamen internasional untuk cabang olahraga bulu tangkis.

Tiga turnamen tersebut yakni Indonesia Masters (superseries), Indonesia Open (superseries premier), dan Asian Games 2018.

"Prinsip kami adalah servis dan prestasi. Kami harus memberikan servis kepada semua pihak, tidak terkecuali kepada bangsa sendiri," kata Ketua Panpel Bidang Umum Para Bulu Tangkis Mimi Irawan ditemui BolaSport.com dalam kunjungan venue di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (28/9/2018).

Menurut Mimi, servis yang diterapkan sekelas Indonesia Open dengan menggunakan karpet, tersedianya ruang khusus doping, dan pertandingan bisa disaksikan di tournamentsoftware.

"Pada Asian Games kemarin, kami malah menggunakan sistem manual. Sekarang lebih canggih karena kami menyiapkannya seperti kejuaraan dunia," ujar Mimi.

"Indonesia Open sudah setara dengan kejuaraan dunia. Kami akan berbuat yang maksimal. Hanya faktor non-teknis yang harus dipersiapkan. Misalnya, handle toilet bisa digunakan dengan kaki karena ada pengunjung disabilitas meminta handle bisa ditarik dengan tangan setelah kondisi kaki tidak memungkinkan."

(Baca juga: Jelang Asian Para Games 2018 - Curhat Mantan Kiper yang Perkuat Timnas Basket Kursi Roda Indonesia)

Permintaan tersebut menurut Mimi bisa diatasi. Pengunjung disabilitas juga meminta ruangan khusus untuk mengganti diapers karena ada beberapa yang menggunakannya saat berkunjung ke tempat umum.