Korea Open 2018 Jadi Bukti Mutakhir Dominasi Jepang dalam Persaingan Nomor Ganda Putri Dunia

By Doddy Wiratama - Sabtu, 29 September 2018 | 16:14 WIB
Ganda putri Jepang, Shiho Tanaka (kiri) dan Koharu Yonemoto berpelukan saat memastikan kemenangan di hari ketiga BWF Superseries Finals 2017, Jumat (15/12/2017). ( BWF WORLD SUPERSERIES )

 Ganda putri Jepang sudah dapat dipastikan membawa gelar juara dari Negeri Ginseng, meski Korea Open 2018 baru memasuki fase semifinal pada Sabtu (29/9/2018).

Hal tersebut dapat terjadi lantaran empat peserta yang tampil pada semifinal nomor ganda putri Korea Open 2018 semuanya berasal dari Negeri Sakura.

Keempat wakil Jepang tersebut adalah Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, Naoko Fukuman/Kurumi Yonao, Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto, dan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Apa yang terjadi di Korea Open 2018 ini seakan makin mempertegas dominasi wakil Jepang dalam peta persaingan nomor ganda putri di dunia.

Dominasi tersebut dapat terlihat dari daftar ranking nomor ganda putri yang dirilis oleh induk organisasi bulu tangkis dunia, BWF.

Dari informasi yang dihimpun BolaSport.com per 27 September 2018, lima dari sepuluh ganda putri dengan peringkat terbaik di dunia saat ini berasal dari Jepang.

(Baca Juga: Korea Open 2018 - Jepang Kuasai Sektor Ganda Putri Sepenuhnya)

Capaian gemilang tersebut ternyata sejalan dengan prestasi yang diraih oleh wakil-wakil Jepang saat mengikuti turnamen yang diadakan BWF.

Ganda putri Jepang memang tampil digdaya di hampir semua kompetisi BWF terutama pada dua kategori teratas, grade 1 dan grade 2.