Usai Asian Para Games 2018, Korea Bersatu Berencana Ramaikan Olimpiade Tokyo 2020

By Any Hidayati - Minggu, 30 September 2018 | 15:29 WIB
Korea Selatan dan Korea Utara bersatu dalam satu bendera unifikasi pada defile pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018). ( REUTERS )

Setelah Asian Para Games 2018, Korea Utara dan Korea Selatan ternyata telah menyusun rencana masa depan untuk kembali tampil dengan bendera unifikasi.

Dilansir dari Yonhap News, Korea Utara dan Korea Selatan akan tampil dengan nama Korea Bersatu dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020 di cabang olahraga senam artistik.

Asosiasi Senam Artistik Korea (KGA) mengatakan jika mereka akan membahas rencana tersebut bertepatan dengan gelaran Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2018.

Proses lobi akan berlangsung di sela turnamen yang berlangsung pada 25 Oktober hingga 3 November 2018 di Doha, Qatar.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, baru-baru ini menyetujui rancangan untuk mengikuti lebih banyak lagi turnamen dengan bendera Korea Bersatu.

Soal rencana bersatunya Korea di Olimpiade Tokyo 2020, pihak Federasi Senam Internasional (FIG) sangat mendukung upaya tersebut.

(Baca Juga: 2 Korea Akan Kembali Bersatu pada Asian Para Games 2018)

Bahkan perwakilan FIG akan melakukan pertemuan untuk membahas rencana bersatunya Korea di cabang olahraga senam pada Olimpiade dua tahun lagi.

"Perwakilan FIG akan melakukan pertemuan di Pyongyang (Korea Utara) pada Januari nanti," ujar salah seorang wakil KGS seperti dikutip BolaSport.com dari Yonhap News.