7 Pelatih Bulu Tangkis Korea Selatan Mundur Serentak, Ada Apa?

By Any Hidayati - Sabtu, 6 Oktober 2018 | 14:32 WIB
Timnas Bulu Tangkis Korea Selatan berpose setelah menjuarai Piala Sudirman 2017. Korea mengalahkan China 3-2 pada babak final di Carrara Sports Indoor Stadium, Minggu (28/5/2017). (BADMINTON INDONESIA)

Kabar mengejutkan datang dari jajaran kepelatihan tim nasional bulu tangkis Korea Selatan yang dikabarkan tengah mengalami gonjang-ganjing.

Sebanyak tujuh pelatih timnas Korea Selatan dikabarkan telah mengajukan surat pengunduran diri kepada Asosiasi Bulu Tangkis Korea Selatan (BKA) pekan ini.

Dilansir dari Badzine, sebelum tujuh pelatih tersebut mundur terlebih dahulu ada 13 anggota komite pembinaan prestasi BKA mundur dari jabatan mereka setelah tampil minus di Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

Keputusan mundur para pelatih ini juga disinyalir berhubungan dengan performa bulu tangkis Korea Selatan yang menurun tajam selama dua tahun terakhir.

Korea Selatan yang meraih 21 gelar bergengsi pada level grand prix maupun level di atasnya pada tahun 2016 anjlok menjadi hanya menang 11 gelar tahun 2017 lalu.

Angka tersebut kembali merosot di tahun 2018 saat seri turnamen Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) berganti nama menjadi BWF World Tour Super.

Sejauh ini Korea Selatan baru mengumpulkan enam gelar juara yang terdiri dari tiga turnamen level Super 300 dan tiga Super 100.

Gelar tersebut pun tidak seutuhnya disumbang oleh para pebulu tangkis yang berada di bawah naungan BKA karena ada beberapa pemain independent yang menyumbang gelar untuk Korea Selatan.


Pasangan ganda putra Korea Selatan, Lee Yong-dae/Kim Gi-jung, merayakan keberhasilan mereka merebut gelar di turnamen Barcelona Spain Masters 2018, Minggu (2/9/2018). ( BADMINTONPLANET.COM )