Lin Dan Sebaiknya Segera Pensiun Menyusul Anggota F4 Lainnya

By Any Hidayati - Kamis, 18 Oktober 2018 | 12:48 WIB
Para legenda bulu tangkis (dari kiri ke kanan), Taufik Hidayat, Peter Gade, Lee Chong Wei, Lin Dan, dan Lee Yong-dae, akan tampil dalam ajang ekshibisi bertajuk The Legends Vision di Mumbai, India. ( THE LEGENDS VISION )

Jika komik Meteor Garden memiliki empat tokoh pemuda tampan dengan julukan Flower Boys (F4) maka bulu tangkis dunia memiliki Famous Boys (F4) tunggal putra yang melegenda.

Mereka adalah Taufik Hidayat (Indonesia), Peter Gade Christensen (Denmark), Lin Dan (China) dan Lee Chong Wei (Malaysia).

Namun, dua dari empat anggota F4 yakni Taufik dan Christensen telah pensiun, sedangkan dua lainnya, Lin Dan dan Lee Chong Wei, masih aktif bertanding.

Lin Dan yang saat ini tercatat tengah tampil pada turnamen Denmark Open 2018 dianggap tidak lagi kompetitif seperti saat seluruh anggota F4 aktif di lapangan.

Hal tersebut diungkapkan oleh mantan kepala pelatih tim nasional Denmark, Steen Pedersen, yang kini beralih profesi menjadi komentator bulu tangkis.

"Kita lihat saja saat berjumpa Kento Momota (Jepang), Lin Dan seperti sudah bukan lagi levelnya (di Japan Open). Saya sudah tidak lagi menikmati setiap permainan Lin Dan lagi," kata Pedersen yang dikutip BolaSport.com dari The Star.

(Baca Juga: Denmark Open 2018, Jadwal Tanding 11 Wakil Indonesia pada Babak Kedua)

Pedersen kemudian membandingkan performa Lin Dan dengan Lee Chong Wei -yang saat ini tengah absen karena sedang dalam proses pemulihan kanker hidung stadium awal.

"Saya akan mengingat Lin Dan saat masih jaya dulu. Lee Chong Wei berbeda karena dia bisa mengalahkan Momota pada laga final Malaysia Open. Pertandingan itu adalah salah satu turnamen elite untuk Lee," kata Pedersen menegaskan.