Presiden UFC Jelaskan Alasan Khabib Nurmagomedov Tak Menerima Sabuk di Oktagon Usai Kalahkan Connor McGregor

By Bayu Nur Cahyo - Rabu, 24 Oktober 2018 | 17:04 WIB
Khabib Nurmagomedov dari Rusia memperlihatkan sabuk juara di Makhachkala, Rusia, pada 8 Oktober , 2018 setelah mengalahkan Conor McGregor asal Irlandia di UFC 229. ( VASILY MAXIMOV/AFP )

Presiden UFC, Dana White, membeberkan alasan mengapa pihaknya tidak memberikan sabuk gelar juara kepada Khabib Nurmagomedov di dalam oktagon meski sudah berhasil memenangkan laga UFC 229.

Laga UFC 229 itu diwarnai keributan hebat setelah Khabib Nurmagomedov dinyatakan menang atas Conor McGregor, Minggu (7/10/2018) lalu.

Nurmagomedov keluar dari oktagon dan menyerang rekan McGregor, Dillon Danis, yang dikabarkan sudah melakukan provokasi.

Kendati pertandingan itu berakhir ribut, presiden UFC tetap memberikan sabuk gelar juara kepada Khabib Nurmagomedov yang memang sudah memenangkan laga.

Namun pemberian sabuk tersebut tak dilangsungkan di atas oktagon dan kini Dana White memberikan penjelasannya.

"Saya sempat membuat keputusan untuk tidak memberikan sabuk itu kepada Khabib di dalam oktagon," kata White yang dikutip BolaSport.com dari Bloody Elbow.

"Saya tak berpikir bahwa akan aman untuk memberikannya di sana, saya juga tidak berpikir bahwa saat itu kami mendapat reaksi yang bagus dari para fan," ujar White menambahkan.

Kendati keributan tersebut terjadi di luar oktagon dan sangat dekat dengan tempat duduk penonton, Dana White bersyukur tak ada penonton yang terluka.

"Kami mendapati semua orang di sana tak apa-apa, tak ada fan yang terluka di peristiwa ini dan kami bisa mengamankan sabuk itu sangat cepat," tutur White.