Lee Chong Wei Nilai Wong Choong Han Punya Tugas Sulit sebagai Direktur Kepelatihan Timnas Bulu Tangkis Malaysia

By Delia Mustikasari - Kamis, 25 Oktober 2018 | 16:11 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, mengembalikan kok ke arah Anthony Sinisuka Ginting pada perempat final Piala Thomas 2018 melawan Indonesia di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (24/5/2018). (LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP PHOTO)

Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, menilai jabatan sebagai direktur kepelatihan timnas bulu tangkis Malaysia, yang baru diemban Wong Choong Hann merupakan tugas sulit.

Wong Choong Hann resmi ditunjuk sebagai direktur kepelatihan oleh Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) pada Sabtu (21/10/2018). Namun, dia baru resmi bertugas pada Januari 2019.

"Ini adalah langkah bijaksana dan baik yang dipilih BAM untuk memberi kepercayaan kepada warga lokal karena mereka bisa dengan mudah menyewa orang asing," kata Lee seperti dilansir BolaSport.com dari News Strait Times.

"Choong Hann memiliki tugas yang sulit di depan karena itu tidak mudah. Dia tidak dapat mengangkat standar bulu tangkis kami sendirian," ujar Lee.

Menurut Lee, dalam menjalankan programnya, Wong butuh kerja sama dari banyak pihak yakni para pelatih dan berbagai elemen di BAM.

"Ini adalah usaha kolektif dan saya berharap para pelatih akan jujur ​​dan bekerja sama sebagai satu tim. Hanya dengan langkah tersebut kami bisa meningkatkan prestasi," ucap Lee.


Eks pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Wong Choong Hann, saat tampil pada laga kualifikasi China Open 2011 di Shanghai, China, 22 November 2011.(AFP)

Lee Chong Wei saat ini masih menjalani proses pemulihan dari kanker hidung stadium awal yang dia alami sejak Juli lalu.

Setelah menjalani perawatan di Taiwan selama dua bulan, Lee Chong Wei kembali ke Malaysia pada 7 Oktober lalu.