Pemegang Rekor, Lasha Talakhadze Ikut Bersaing pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2018

By Selasa, 30 Oktober 2018 | 14:54 WIB
Lifter putra pemegang rekor dunia asal Georgia, Lasha Talakhadze, sedang berlatih. (LASHA TALAKHADZE.COM)

Lifter putra pemegang rekor dunia asal Georgia, Lasha Talakhadze, dipastikan akan hadir pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2018, 1-10 November di Ashgabat Turkmenistan.

Penulis: Melvina Tionardus

Lasha Talakhadze baru saja memecahkan rekor dunia dalam Kejuaraan Nasional Angkat Besi Georgia pada 22 September lalu. Ia mampu melakukan total angkatan seberat 478 kg.

Rekor angkatan sebelumnya yakni 477 kg juga diciptakan oleh Talakhadze sendiri yakni saat Kejuaraan Dunia di Anaheim, Amerika Serikat pada 5 Desember 2017.

Berkat rekor tersebut pula ia berhak atas medali emas dari kelas 105+ kg.

Sejak 2010, kelas 105+ kg memang sudah menjadi nomor spesialis bagi lifter berusia 25 tahun ini. Pada Kejuaraan Dunia edisi 2015 di Houston, Amerika Serikat dirinya juga meraih medali emas dari kelas yang sama.

Selain berjaya di ajang Kejuaraan Dunia, Talakhadze juga memiliki prestasi gemilang pesta olahraga Olimpiade. Dengan total angkatan 473 kg Talakhadze mampu mengalahkan dua lifter lainnya untuk merebut emas.

(Baca juga: Lifter Putri Indonesia Raih Medali Pertama untuk Merah Putih pada Olimpiade Remaja 2018)

Namun, pada pada kejuaraan dunia kali ini federasi angkat besi seluruh dunia, International Weightlifting Federation (IWF) menambah satu kelas baru untuk dipertandingkan yaitu 109+ kg. Dengan ini, Talakhadze pun akan pindah bersaing ke kelas baru tersebut.