Turkmenistan, Angkat Besi, dan Kejuaraan Dunia

By Kamis, 1 November 2018 | 15:45 WIB
Lifter putri Turkmenistan, Aysoltan Toychiyeva. (ASHGABAT 2018)

Nama negara Turkmenistan terdengar asing di telinga kita, terlebih lagi ibu kota berada di Ashgabat. 

Penulis: Melvina Tionardus

Ashgabat akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Angkat Besi yang ke-84 pada 1-10 November 2018. Mereka akan menggunakan Martial Arts Arena di Ashgabat Olympic Complex sebagai venue pertandingan.

Secara geografis Turkmenistan merupakan negara yang terletak di Asia Tengah dan dijuluki Marbel Putih.



Prestasi Turkmenistan di bidang olah raga memang kurang cemerlang dibanding negara lainnya di kawasan Asia. Cabang olahraga angkat besi sendiri tidak sepopuler sepak bola di negara salah satu penghasil gas alam terbesar dunia ini.

Tetapi, setidaknya angkat besi pernah menyumbangkan medali dalam sejarah Asian Games.

Medali perak oleh Kristina Sermetowa (53 kg putri) saat Asian Games Jakarta-Palembang 2018 dan emas dari tangan Altymyrat Orazdurdyyew (76 kg putra) pada Asian Games 1994 di Hiroshima.

Namun, setiap tahun jumlah dan level pertadingan olahraga yang digelar di Ashgabat semakin meningkat, termasuk untuk menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2018 ini.

Kepastian untuk menjadi tuan rumah bagi 100 negara peserta itu sudah diumumkan sejak November tahun lalu. Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah Ashgabat telah sukses menyelenggarakan Asian Indoor and Martial Arts Games 2017.

Baca juga: