BAM Tidak Pernah Khawatir jika Lee Chong Wei Pilih Pensiun dari Bulu Tangkis

By Delia Mustikasari - Jumat, 9 November 2018 | 11:39 WIB
Kapten tim Piala Thomas Malaysia, Lee Chong Wei (tengah) berbincang dengan pelatih Tey Seu Bock (kanan) dan Deputy President BAM Datuk Seri Norza Zakaria (kiri) di Juara Stadium, Bukit Kiara, Petaling Jaya, Malaysia, Selasa (10/5/2016). (S S KANESAN/THE STAR)

Asosiasi Bulu tangkis Malaysia (BAM) memastikan bahwa pihaknya tidak pernah khawatir jika tunggal putra Negeri Jiran, Lee Chong Wei, memilih mundur alias pensiun dari cabang olahraga tepok bulu tersebut.

"Saya tidak pernah khawatir apakah dia akan mengumumkan pengunduran dirinya hari ini (kemarin) karena hidupnya adalah bulu tangkis. Selama 18 tahun terakhir, setiap hari kehidupannya diisi dengan latihan dan kembali ke keluarganya," Presiden BAM Datuk Seri Norza Zakaria.

"Dia memiliki pola latihan yang ketat dan disiplin. Jadi, dia merindukan momen itu dan sekarang dia ingin kembali berlatih dan melihat bagaimana situasi membawanya," ucap Norza seperti dilansir BolaSport.com dari The Star.

Norza mengatakan bahwa situasi serupa pernah mereka rasakan saat Lee Chong Wei menghadapi masalah doping yang membuatnya diskorsing selama delapan bulan pada 2014.

Saat itu, peringkat Lee menurun drastis hingga ke-180 dunia akibat sanksi larangan bertanding tersebut. Namun, peringkat Lee dengan cepat kembali ke puncak hingga meraih medali perak pada Olimpiade Rio 2016.

"Kami tahu dia sangat kuat hati. Dia telah mengatakan kepada kami tentang cobaan pengobatan kankernya yang sangat sulit. Tetapi, sekarang kami lihat dia telah berhasil mengatasi periode sulit itu," ucap Norza.

"Kami siap mendukungnya saat dia mencoba kembali ke lapangan," ujar Norza.

BAM juga siap mendukung Lee Chong Wei dan menyiapkan rencana latihan khusus untuknya jika dia harus kembali ke lapangan.

Menurut Norza, Lee masih optimistis dengan kelanjutan kariernya di bulu tangkis dan BAM menantikan kembalinya Lee ke lapangan.