3 Atlet Panjat Tebing Indonesia Dapat Undangan Khusus Ikuti Kejuaraan Internasional di China

By Delia Mustikasari - Sabtu, 17 November 2018 | 14:39 WIB
Lima atlet panjat tebing Indonesia berpose jelang mengikuti International Climbing Series: China Open, yang digelar di Guangzhou pada 16-18 November 2018. (FPTI)

 Berkat prestasi yang mentereng, tiga atlet panjat tebing Indonesia kembali mendapat undangan khusus untuk mengikuti kompetisi internasional.

Kali ini kejuaraan yang akan mereka ikuti adalah International Climbing Series China Open yang digelar di Guangzhou, China pada 16-18 November.

Ada 5 atlet yang diberangkatkan yakni Aries Susanti Rahayu, Puji Lestari, Agustina Sari, Aspar Jaelolo, dan Alfian M Fajri.

Dari 5 atlet tersebut, 3 di antaranya mendapat undangan khusus karena menduduki peringkat 10 besar dunia. 

Mereka adalah Aries Susanti Rahayu (peringkat ke-4), Agustina Sari (peringkat ke-10), dan Aspar Jaelolo (peringkat ke-8).

Para atlet yang mendapat undangan ini dibiayai penuh oleh pihak Chinese Mountaineering Association (CMA). Selain Indonesia, atlet dari negara lain yang menduduki peringkat 10 besar dunia juga turut hadir.

Ketua II Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Pristiawan Buntoro menjelaskan bahwa China Open ini baru digelar pertama kali. Regulasinya pun agak berbeda dengan kompetisi panjat tebing pada umumnya.

"Pertandingannya agak berbeda. Jadi,.ada kompetisi bagi yang peringkat 10 besar, ada kompetisi yang umum. Yang atlet undangan ini ikut kompetisi peringkat," ujar Pristiawan dalam siaran pers yang diterima BolaSport.com.

Baca juga: