Menginjak Usia 69 Tahun, Christian Hadinata Masih Tampak Sehat dan Bugar

By Nugyasa Laksamana - Selasa, 27 November 2018 | 20:45 WIB
Legenda bulu tangkis nasional, Christian Hadinata, berbicara dalam Forum Diskusi BOLA tentang Piala Thomas 2018 di Kantor Tabloid BOLA, Palmerah, Jakarta, Rabu (9/5/2018). (M BAGAS/BOLASPORT.COM)

Legenda bulu tangkis Indonesia, Christian Hadinata, telah memasuki usia 69 tahun. Meski demikian, dia masih terlihat bugar dan aktif mengikuti berbagai kegiatan.

BolaSport.com berkesempatan berbincang dengan Christian Hadinata di sela acara Indonesian Sport Awards beberapa waktu lalu, tepatnya di Studio 1 Trans TV yang berada di Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (23/11/2018).

Christian mengaku tak punya kiat khusus yang membuatnya bisa tetap sehat, terkecuali selalu rutin berolahraga.

Sebagai salah satu pelatih di PB Djarum, sosok berambut putih itu masih sering bermain bulu tangkis bersama rekan-rekan dan para juniornya di klub.

"Saya sudah terbiasa berkeringat setiap pagi, berolahraga khususnya bulu tangkis. Kegiatan ini selalu saya usahakan," ujar Christian sambil tersenyum.

"Dulu sempat juga coba-coba tenis. Akan tetapi, sekarang olahraganya konsentrasi ke bulu tangkis saja. Biasanya main ganda," tutur dia melanjutkan.

Kegiatan bermain bulu tangkis biasa dilakukan Christian di sela aktivitasnya sebagai pelatih PB Djarum di kawasan Slipi, Jakarta Barat.

Selain itu, terkait dengan pola makan, Christian tidak punya pantangan. Sampai sekarang, dia mengaku masih bebas mengonsumsi aneka ragam makanan.

Menurut Christian, semua boleh dia makan asalkan tidak melampaui batas.