Inilah 8 Ganda Putra yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2018

By Any Hidayati - Rabu, 28 November 2018 | 15:49 WIB
Ganda putra China, Li Junhui (kiri) dan Liu Yuchen, dengan medali emas Kejuaraan Dunia 2018 pada Minggu (5/8/2018) di Nanjing, China. (BWF BADMINTON)

Tur pamungkas BWF World Tour Finals 2018 tinggal menghitung hari dan satu per satu kandidiat telah ditentukan meski sempat diwarnai drama.

Sebanyak delapan ganda putra telah dipastikan meraih tiket untuk tampil di Guangzhou, China, pada 12-16 Desember 2018 mendatang.

Drama terjadi sesaat setelah tur terakhir yang masuk perhitungan poin "Race to Guangzhou", Syed Modi International 2018, tuntas digelar pada Minggu (25/11/2018) kemarin.

Drama di detik-detik terakhir tersebut menimpa pasangan ganda putra asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Meski menduduki peringkat kedelapan pada klasemen akhir "Race to Guangzhou", duet Kamura/Sonoda tetapi gagal lolos.

Hal ini dikarenakan Li Junhui/Liu Yuchen (China) yang berada di peringkat ke-10 "Race to Guangzhou" mendapatkan wild card.

Fasilitas wild card diberikan Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) kepada Li/Liu karena mereka adalah juara dunia ganda putra 2018.

Alhasil, meski dari segi poin dan peringkat Kamura/Sonoda lebih unggul, Li/Liu tetap berhak tampil pada BWF World Tour Finals 2018.

Di lain sisi, Indonesia berhasil meloloskan dua wakil yaitu Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.