Atlet Panjat Tebing Indonesia Ini Ingatkan Juniornya agar Jangan Hanya Andalkan Otot

By Bayu Nur Cahyo - Sabtu, 1 Desember 2018 | 20:48 WIB
Rambut model cicak Merah Putih di kepala peraih perunggu cabang olahraga panjat tebing nomor individual speed putra, Aspar Jaelolo, di Wall Climbing Arena, Jakabaring Sport City, Palembang, Kamis (23/8/2018). (DELIA MUSTIKASARI/BOLASPORT.COM)

Atlet panjat tebing dari kontingen DKI Jakarta, Aspar Jaelolo, memiliki pesan-pesan untuk para atlet Indonesia.

Saat ini, ada beberapa atlet yang akan berjuang untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) melalui jalur olahraga.

Para atlet Indonesia menjalani tes masuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas prestasi gemilang yang telah mereka torehkan di kancah bulu tangkis elit dunia.

Aspar Jaelolo yang sudah pernah merasakan perjuangan mengikuti tes CPNS pada tahun 2013 silam berpesan kepada para atlet yang mengikuti tes CPNS tahun 2018 dan tahun 2019 nanti.

Pesan tersebut diucapkan Aspar ketika ditemui BolaSport.com di Kejurnas XVII Panjat Tebing 2018 di Kawasan Stadion Manahan, Solo.

"Untuk teman-teman atlet yang akan berjuang di tes CPNS, semangat ya. Harus belajar!," kata Aspar.

Lebih lanjut, atlet peraih medali perunggu di Asian Games 2018 itu juga memiliki nasihat khusus untuk atlet Indonesia yang dia sampaikan demi perkembangan dunia olahraga Tanah Air.

"Jangan lupa untuk ambil kuliah kepelatihan, supaya nanti saat masa kita sebagai seorang atlet selesai, kita bisa menjadi pelatih yang baik," ujar Aspar.

"Atlet Indonesia jangan cuma mengandalkan otot, jadi ilmu kepelatihan juga sebaiknya dipersiapkan (demi regenerasi)," tutur dia menambahkan.